ISO (1998), usability adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh unsur untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasaan dalam menggunakannya.
Insap Santoso (2007), usability adalah derajat kemampuan sebuah perangkat lunak untuk membantu penggunanya menyelesaikan sebuah tugas.
ATRIBUT / KRITERIA USABILITY
- Efektivitas : ketelitian dan kelengkapan dimana user mencapai tujuan
- Learnabilitas : mudah untuk dipelajari oleh user baru
- Efisien : steady-state penampilan pengguna ahli
- Memorabilitas : mudah di dalam menggunakan sistem dan perintah-perintahnya mudah diingat
- Kesalahan : tingkat kesalahan yang kecil
- Kepuasaan Subjektif : bagaimana sistem memberikan kepuasaan berinteraksi bagi user.
- Kemampuan Sistem (System Capabilities) : bagaimana sistem bekerja.
- Susunan Layar (Screen Layouts).
- Istilah dan Perintah yang digunakan oleh sistem
PRINSIP REKAYASA BENTUK USER INTERFACE
- user interface harus seringkas mungkin dan bersifat natural dialogue
- pendekatan yang digunakan adalah dengan hanya menampilkan perintah yang diperlukan
- gunakan bahasa yang dipahami oleh user (metafor dan idiom)
- contoh: desktop, menu, cut, copy dan paste.
- user seharusnya tidak dibebani untuk mengingat atau menghafal saat berinteraksi dengan sistem
- contoh: penggunaan menu dapat mengurangi beban user dibanding menggunakan baris perintah
- ciri konsistensi user interface yaitu dapat menghindarkan user dari rasa was-was atau ragu-ragu disaat menggunakan suatu perintah atau fungsi untuk pertama kali.
- contoh: file > Print atau Ctrl+Print untuk melaksanakan fungsi cetak.
- sistem seharusnya memberitahu user segala aktivitas yang sedang berlaku/status sistem
- proses ini juga akan memberitahu status suatu sistem jika terjadi suatu kerusakan.
- Fungsi: menjelaskan cara menggunakan sistem, ciri khusus sistem & membolehkan user mengendalikan sistem dengan baik.
Sumber : Usability. Dian Wahyuningsih (ppt)
woi nda bisa di copy..pelit
BalasHapusbisa kok ah
Hapus